INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PERIZINAN DAN NONPERIZINAN DI KABUPATEN OKU SELATAN

Muaradua (02/07) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) Kabupaten  OKU Selatan merupakan salah satu instansi pemerintah yang memberikan pelayanan publik pada masyarakat. Sebagai instansi pemerintahan yang memberikan pelayanan publik maka DPMP2TSP kabupaten OKU Selatan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik sehingga masyarakat merasa puas dan tercipta pemerintahan yang good govermance.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, DPMP2TSP Kabupaten OKU Selatan  melakukan pengukuran kualitas pelayanan. Hal ini penting untuk mengevaluasi kinerja pelayanan. Dalam pengukurannya dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis berbagai fenomena yang ada dalam pelayanan. Data-data sesuai dengan indikator penelitian terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari sumbernya dengan kuesioner yang ada di loket pelayanan yang ada pada DPMP2TSP Kabupaten OKU Selatan dan survey langsung ke masyarakat atau pelaku usaha yang ada di Kabupaten OKU Selatan. Sampel diambil dengan metode sampel random, dimana responden yang mengurus Pembuatan Izin dan Nonperizinan di Kantor DPMP2TSP Kabupaten OKU Selatan yang dipilih untuk mengisi kuesioner sebanyak 150 orang (responden) selama tahun 2018.

DPMP2TSP OKU Selatan, melaksanakan Indeks Kepuasan Masyarakat menggunakan indikator kepuasan masyarakat, didasarkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017  Tentang  Pedoman  Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Secara keseluruhan, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat adalah 80,667. Kategori Baik berada pada rentang nilai 76,71 – 88,30, sehingga nilai IKM untuk pelayanan pada DPMP2TSP tergolong Baik.

 

Sumber : DPMP2TSP OKU Selatan