1. Penyusunan rencana program dan kegiatan kesekretariatan;
  2. Pelaksanaan program kerja dan kegiatan serta pelayanan administrasi kesekretariatan meliputi tata usaha dan kepegawaian, administrasi umum, perlengkapan, keuangan serta penyusunan program;
  3. Pengawasan, pembinaan, dan pengendalian tugas kesekretariatan;
  4. Pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kesekretariatan;
  5. Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama dengan lembaga/instansi lain di bidang kesekretariatan; dan
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

2.1 SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

  1. Melaksanakan penyusunan rencana dan program kerja operasional kegiatan pelayanan administrasi umum, kerumahtanggaan dan perlengkapan serta pengelolaan administrasi kepegawaian;
  2. Melaksanakan penerimaan, pendistribusian, dan pengiriman naskah Dinas, serta pengelolaan dokumentasi dan kearsipan;
  3. Melaksanakan penyusunan dan pengadministrasian persuratan dinas,
  4. Melaksanakan pengelolaan dan penyiapan bahan pembinaan, dokumentasi dan kearsipan di lingkungan dinas;
  5. Melaksanakan pengelolaan dan pengendalian administrasi perjalanan dinas;
  6. Melaksanakan pelayanan keprotokolan, hubungan masyarakat, dan penyelenggaraan rapat-rapat Dinas;
  7. Melaksanakan pengurusan kerumahtanggaan, pemeliharaan kebersihan gedung kantor, perawatan kendaraan dinas dan aset lainnya, serta keamanan dan ketertiban kantor;
  8. Menyiapkan dan penyusunan rencana kebutuhan sarana dan prasarana perlengkapan Dinas;
  9. Melaksanakan pengadaan barang dan jasa di lingkungan Dinas;
  10. Melaksanakan penyimpanan, pendistribusian, dan inventarisasi perlengkapan Dinas hasil pengadaan;
  11. Menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana;
  12. Melaksanakan pengelolaan dokumentasi dan perpustakaan dinas;
  13. Melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian yang meliputi kenaikan pangkat, gaji berkala, pensiun, KARPEG, KARIS/KARSU, TASPEN, ASKES, cuti pegawai, pemberian penghargaan serta pengkoordinasian penyusunan SKP;
  14. Melaksanakan pengumpulan, penyimpanan dan pemeliharaan data dokumentasi kepegawaian;
  15. Menyiapkan dan penyusunan rencana kebutuhan formasi, mutasi pegawai, dan pengembangan karakter pegawai;
  16. Menyiapkan bahan pelaksanaan pembinaan kepegawaian di lingkungan dinas;
  17. Menyiapkan bahan perencanaan kebutuhan diklat pegawai;
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

2.2 SUB BAGIAN PENYUSUNAN PROGRAM DAN KEUANGAN

  1. Menyiapkan dan pengumpulan bahan penyusunan program dan rencana anggaran Dinas;
  2. Melaksanakan pengoordinasian penyusunan program dan rencana anggaran Dinas dengan para Kepala Bidang;
  3. Mengkoordinasikan penyusunan program dan Rencana Kerja Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) serta Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran (DPPA) dengan para Kepala Bidang;
  4. Melaksanakan penatausahaan keuangan Dinas yang meliputi penelitian kelengkapan SPP LS yang diajukan oleh PPTK, SPP UP, SPP GU, dan SPP TU yang diajukan oleh bendahara pengeluaran;
  5. Melaksanakan penyiapan SPM dan penyiapan Laporan Keuangan SKPD Dinas’
  6. Menyiapkan bahan pelaksanaan pembinaan administrasi keuangan kepada para bendahara dan PPTK di lingkungan Dinas;
  7. Melaksanakan penelitian pengujian kebenaran, kelengkapan dan keabsahan surat pertanggungjawaban (SPJ) atau tanda bukti pengeluaran uang;
  8. Mengevaluasi kecocokan atau kesesuaian surat pertanggungjawaban (SPJ) keuangan berdasarkan pengalokasian anggaran yang telah ditetapkan;
  9. Menyelenggarakan akuntansi dan penyusunan laporan keuangan atas transaksi keuangan, aset, hutang dan ekuitas dana pada Dinas;
  10. Menyampaikan laporan keuangan SKPD Dinas yang meliputi realisasi anggaran, neraca dan catatan atas laporan keuangan yang disampaikan kepada Bupati melalui PPKD;
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.